The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani June 09, 2011

Sebenernya sih ini tulisan ketiga gue tentang Efek Rumah Kaca (ERK), “ilmu sosial lewat lagu”, “Hujan”, dan sekarang gue mau nulis tentang (ERK) karena waktu tanggal 1 juni lalu. Tidak diduda, gue diperkenankan hadir disalah satu event intern disalah satu yayasan milik seorang tokoh Pendidikan. Sunguh kehormatan yang begitu “wuah” secara pribadi, karena gue begitu mengikuti ERK, dari mereka manggung, kehidupan ERK di luar manggung dan lian-lain. Walau gue baru beberapa kali ngeliat mereka nge’gigs langsung dan sekarang disini bersama ERK di belakang panggung. Melihat semua kegiatan ERK sebelum mereka ngisi acara. Tingkah para personil, crew, dan managernya, sampai lelucon.lelucon hangat. Gue engga akan menulis tentang kegiatan apa disana dan apa yang mereka lakukan disana, karena gue udaa janji sama pa satpam untuk tidak menulis apa pun untuk acara ini.
*****
(30/5)
Bermula ketika gue sedang asik bikin.bikin tulisan tentang pendidikan di lektop jadul ini. Entah ada angin yang masuk ke kuping dan langsung masuk begitu cepat ke otak gue buat buka facebook. Seperti biasa, Facebok gue selalu sepi, tanpa notif, tanpa massage, tanpa permintaan teman. Jadi yang selalu gue lakukan adalah buka “notes” dan itung.itung sekalian cari ilmu bagaimana sih cara menulis itu, karena gue masih belajar buat nulis. Dan tak diduga dan tak dinyana, “notes” pertama yang muncul adalah jadwal kegiaatan sementara Efek Rumah Kaca bulan Juni, ahh, palingan kayak biasa, lagi.lagi gue engga bisa dateng. Dengan harapan asa, coba buka aja itu notes ERK, dan lagi.lagi gue terkejut. “1 Juni Efek Rumah Kaca sharing dengan Pengjar Muda di Ciawi-Bogor”. Setelah baca “notes” itu, gue sudah tetapkan dan pastikan untuk dateng. Yaa, gue harus dateng . .
Dan pada saat itu dengan semangat untuk menulis artikel tentang Pendidikan buat nanti di madding setelah itu mempersiapkan yang lain untuk madding besok, saking semangatnya sampe lupa waktu, jam menunjukan pukul 3am. Akhirnya selesai juga . .
(31/5)
Setibanya dikampus, gue langsung ngerjain tugas buat ngisi madding. Sambil ngerjain itu, gue sms aja manager ERK, yang di hape ternyata ada 2 nama Bin dan Yurie, bang Yurie sih gue kenal, karena dia salah satu teman chating kalau siang. Setelah di sms, ternyata nump nya bang Yurie udaa engga aktif. OMG. Dan si Bin pun nge’bales “hubungin aja Yurie +6281399241499”. Dengan kecepatan selincah kancil, gue sms bang Yurie dan nanya.nanya soal acara besok, “iia, itu acara untuk ngasih motivasi, INDONESIA MENGJAR”, “tapi itu untuk acara intern, jadi gue engga tau orang luar bisa masuk atau engga” kata bang Yurie. Hati gue tiba.tiba pecah berlebur menjadi serpihan debu ditelapak tangan. Entah, menjadi speechless seketika, bingung mau bales apa ke bang Yurie. Gue cuma bisa bales ke bang Yurie “eumm, yodaa dehh, makasi yaa bang, hhu , sayang banget engga bisa dateng”.
Seketika tangan jadi lemes buat nge’lanjutin madding. Mau di terusin juga kayaknya susah buat benernya, engga diterus malah dosa, ini kan tanggungjawab buat ngerjain madding. Akhirnya pelan.pelan gue ngerjain madding dengan se’ikhlas mungkin. Kali aja dilain waktu bisa liat ERK, dan ini bukan waktu yang tepat buat liat mereka besok, karena siapa tau Tuhan punya sesuatu buat gue besok. Hujan turun begitu deras meliputi hati gue yang sedang lara ditambah kekalahan tim sepakbola gue di kampus.
Malam semakin larut, badan lemes dan cuma bisa ngebayangin andai kata gue bisa dateng ke acara ERK besok. Tiba.tiba ada sms masuk, ternyata itu dari bang Yurie “kalau mau dateng silakan saja, tapi gue engga tau acaranya mulai jam berapa, dan gue cuma tau dijemput jam 3 sore, sama kayak taun lalu”. Setelah mencari.cari tau tempatnya sendiri, ternyata acaranya di gedung YPI. Karena hanya itu sekiranya tempat yang dimungkinkan untuk mengadakan acara semacam itu di Ciawi, bang Yurie sendiri aja engga tau tempatnya dimana. Langsung nanya ke semua orang yang sekiranya tau tempat itu, dan dapat.
Tidur malam itu pun menjadi nyeyak dan lelap dan ditambah engga digigitin nyamuk.
(1/6)
Berangkat ke kampus dengan harapan yang tinggi sambil nunggu kuliah dan ERK ngisi acara, walaupun engga nyayi, yang penting dia bisa ngasih motivasi.motivasi hebatnya nanti. Ngehias madding llah jawaban yang tepat untuk menunggu.
Sore menjelang, sms tak kunjung dibales sama bang Yurie. Dan gue putuskan untuk menonton sepakbola dikampus yang begitu membuat jatung berdetak kencang, karena tim yang bertanding adalah satu.satunya yang nge’wakilin Fakultas sendiri di kompetisi ini. Pertandingan selesai dengan kemenangan tim Fakultas gue dengan adu pinalti. Sms masih tak kunjung dibales. Okok, lebih baik langsung aja ke gedung YPI. Sesampainya disana, ketemu sama bapak.bapak paruh baya, “pa, lagi ada acara yaa . . ?? orang luar bisa masuk . .??” kata gue. Jawab si bapak paruh baya itu “silakan aja masuk, motor di parkir di sebelah sana”. Pas gue muter kebelakang, yang terlihat hanya llah resepsi acara kawinan. Dimana ERK nya . . ??
Di luar gedung gue kembali sms bang Yurie, dan bang Yurie bales juga setelah sekian lama ditunggu “penginapan ditjen hubla, cipayung puncak”, hahh, tempat entah berantah apa lagi nii. Kembali gue menggunakan jurus terpendam dalam diri gue dengan so’ tau tempat dan bisa dibilang adalah baat ilmiah yang diberikab Sang Kholik, “iia, bang, gue kesana sekarang. Tapi ERK nya belum ngisi acaranya kan . . ??”. Tanpa nunggu balesan dari bang Yurie, nanya sana.sisni ke temen juga ternyata engga ada yang tau itu tempat.
Ketika balik lagi ke kampus buat sholat maghrib, lagi.lagi hal yang engga gue duga terjadi setelah sholat maghrib. Salah satu temen gue bales sms dan dia bilang “erk teh naon . . ?? gue pernah liat, sebelah kiri pokoknya, cat biru dominan gitu. Kalau ditanya dimananya, gue engga paham”. Wuaw, harapan kembali tumbuh didalam semangat yang hamper tenggelam ditelan asa. Berlari melewati lorong kelas yang sepi menuju parkiran motor secepat yang gue bisa. Cuaca saat itu kurang mendukung, rintihan gerimis menyiram ubun.ubun kepala dengan halus. Engga peduli nanti dijalan bakalan keguyur hujan sebesar apapun, misi harus tetap berjaan sebagaimana mestinya, karena gue udaa berusaha diatas rata.rata orang lain untuk bisa ketemu ERK dan ngeraih salah satu mimpi kecil gue dan sekarang tinggal dipasrahkan ke Sang Kholik. Engga seperti yang dibayangin, perjalanan kesana sungguh rumit, sampe.sampe harus diserempet mobil dan keluar dari jalan dan beberapa senti lagi masuk got yang cukup dalem.
Selama perjalanan muncul berbagai pertanyaan, bagaiamana kalau gue sampe sana malah diusir sama pa satpam gedung . . ?? kalau pun gue bolle masuk, bagaimana kalau gue cuma ngeliat dari luar tempat acara dan dikacangin sama pihak ERK . . ?? . sama sekali engga pernah gue peduliin, menurut buku yang gue baca “negeri 5 menara” dan “ranah 3 warna”, MAN JADDA WAJADA, siapa yang bersungguh.sungguh akan berhasil. Diperjalanan, mata hanya menoleh kearah kiri sesuai petunjuk yang didapet, terlihat cuma tulisan cibogo.cibogo.cibogo dan terus cibogo sejauh mata memandang. Tidak lama melihat bacaan cipayung, gue memperlambat laju kecepatan motor dengan selambat mungkin. Dan akhirnya menemukan tulisan “DITJEN PERHUBUNGAN HUBLA => 50 M”, berhenti sejenak untuk melihat situasi jalanan dan berbelok llah ke kanan #seeet
Seperti yang ada dibayangann tadi ternyata benar, gue ditahan oleh satpam. Putar otak.putar otak sekeras mungkin. Dengan keadaan basah kuyup karena hujan yang deras, gue sms bang Yurie yang udaa didalam. Tidak lama kemudian, Tuhan kembali ikut campur dalam urusan ini, bang Yurie keluar dari dalam ruangan dan memanggil gue buat masuk, satpam pun meng’izinkan.
Seperti sudah didalam negeri dongeng, gue satu ruangan dengan ERK, bisa bersalaman dengan mereka, ngobrol tentang kehidupan kampus gue, tapi yang disayangkan adalah engga sempet ngobrol dengan bang Adrian, karena kondisinya yang engga memungkinkan buat berbincang dengan beliau . .
Melihat ERK memberi motivasi kepada para pengajar muda dan gue tentunya. ERK bawain beberapa lagu kesukaan gue *padahal mah suka semua. Dari balerina, di udara, cinta melulu, kenakalan remaja di era iniformatika, desember, hujan jangan marah, sampai bawain lagu buat album ketiga(maaf bang engga disebutin, takut yang lain tau duluan) dan satu lagi apa yaa, itu.tu, yang itu. OMG, gue lupa banget, pokoknya itu dehh . .
Acara selesai jam 11.30pm, dan seperti anak nora’, dijaman secanggih ini, gue masih aja minta tanda tangan ke ERK. Yaa, ini juga karena gue engga ada kamera, hape aja jadul. Tapi biar llah, gue adalah anak nora’ yang mempunyai mimpi dan hari itu bisa perlahan memetik mimpi.mimpi kecil diatas tangga menuju mimpi besar gue. Sungguh engga terasa bisa begini dan ini llah bukti Tuhan, kalau memang kita bersungguh.sungguh nanti Tuhan akan memberikan sesuatu yang sama sekali engga diduga oleh kita sendiri . .
Gue mau ngucapin terima kasih banget ke Tuhan yang udaa ngasih sesuatu yang menurut gue sangat istimewa, diri-Mu llah yang Maha segala diatas segalanya. ERK yang udaa ngasih motivasi dan inspirasinya yang menurut gue makin membuat mata gue lebih terbuka melihat hidup ini dari lagu.lagu bagus yang menurut kalian bagus, karena memang sangat bagus dan layak didengar oleh semua orang, terlebih lagi mahasiswa. Bang Yurie yang udaa ngasih gue tempat di acara itu dan bisa ketemu ERK, makasii banget bang sekali lagi dan mohon maaf udaa ngerepotin selama disana. Buat crew dari ERK yang baik.baik, kalian memang hebat, tanpa kalian dibelakang layar, gue percaya ERK engga mungkin sehebat ini. Dan buat Karlina yang udaa mau ngasih tau tempatnya, tanpa lu yang waktu itu engga ngasih tau, mugkin gue akan pulang ke rumah dan tidur sambil menyesali engga bisa dateng ke acara ERK.
Sekali lagi gue mau ngucapin makasiih banget buat kalian semua, kalian yang terbaik. DAN MOHON MAAF KARENA UDAA NGEREPOTIN, MAAF BANGET . .
Ini adalah pergerakan minor tanpa batas untuk bisa meraih mimpi.mimpi gue, tengs 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -