The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani October 21, 2010


WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY adalah salah satu product dari IKJ Jakarta, merka ber-anggotakan 6 personil (Nn. Sari, Tn. Rio, Tn. Saleh, Tn. Ricky, Nn. Mela, dan Tn. John).  Sebuah band yang dipengaruhi oleh MOVIES SOUNDTRACK INDONESIA dari 70's dan terinspirasi roh akustik musisi's Classic Jazz 1930. Updated pengaturan dengan classic strings, beat retro disco jadi mudah mendengarkan balada akustik, dan beberapa lagu dari vintage keyboard toys yang made in 1970’s.
            Dibentuk Pada bulan Agustus 2002, dimana pada saat itu sedang ramai-ramainya anak IKJ membuat berbagai macam aliran band, seperti Club Eighties, Naif dan lain-lain. Disebuah institut seni di Cikini, Jakarta Pusat, dua kekasih dari fakultas seni rupa Rio & Sari memutuskan untuk membentuk sebuah band bersama dengan sesama mereka di fakultas yang bernama Saleh. Ini adalah formasi pertama White Shoes & The Couples Company, yang menampilkan Sari pada vokal & violin, Rio pada gitar ritme dan Saleh pada gitar melodi. Tiga dari mereka membuat debut pertama mereka dalam formasi dalam acara kampus. Namun, formasi trio menyimpang dari rencana awal mereka di mana sebenarnya Sari dan Rio tajam meminta sepasang suami istri dari fakultas musik untuk bergabung dengan band pasangan adalah Ricky Surya Virgana & Mela Virgana. Namun pasangan sulit untuk bertemu karena mereka sibuk mengajar dan menutupi untuk orkestra. Beberapa bulan kemudian, pasangan join White Shoes & The Couples Company dengan Ricky pada Bass dan cello serta Mela pada biola, keyboard dan piano. Tetapi mereka memulai dari menjual marchendice dari White Shoes & The Couples Company tanpa membuat lagu-lagunya terlebih dahulu, sangat berbeda dengan band lainnya yang terlebih dulu membuat lagu terlebih dahulu baru menjual marchendice atau pernak.pernik.
            Lagu pertama dari WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY adalah “Runaway Song” yang berikutnya adalah “Windu dan Defrina” lalu diikuti “Sunday Memory Lane” dan “Nothing to Fear”.  Pada awalnya, WSTCC tidak memiliki seorang penabuh drum. Hingga pada akhirnya Ricky berinisiatif untuk mengajak teman di fakultasnya agar bergabung didalam bandnya yaitu John Navid a.k.a Lau Kun Sin untuk perform di BB’s BAR. Seiring berjalannya waktu yang tidak pernah berhenti untuk berputar dan WSTCC-pun semakin sering ng’gigs dimana-mana, akhirnya Tn. John resmi bergabung pada tahun 2004.
            Untuk ketingkat profesionalannya, WSTCC mulai merilis album perdana di bawah lebel Aksara Record. Suatu tempat rekaman yang berlebel indie yang berbnasisi di Jakarta dan pada Agustus 2005, album ini di luncurkan oleh Aksara Record dan di distribusikan oleh Universal Music Indonesia. Di tahun yang sama, WSTCC telah memberikan salah satu lagu mereka untuk ORIGINAL MOVIE SOUNTTRACK “Janji Joni” yang di produksi oleh Kalyana Shira Film menjadi salah satu film terlaris di bioskop dan lagu “Senandung Maaf” menjadi putaran tinggi di setiap putaran radio. Di tahun berikutnya WSTCC kembali menyumbangkan lagunya unmtuk film yang lagi-lagi digarap oleh Kalyana Shira Film di filmnya “Berbagi Suami”.
            Setelah mereka bisa dibilang sukses di Indonesia dan mendapat julukan “Raja Pensi”, WSTCC-pun sempat beberapa kali nge’gigs di Amerika pada tahun 2007. Juga berbagai macam Award yang mereka dapat, seperti “The Best 25 Most Crushworthy Band of 2006 “ oleh All Music.com, “The Best Indie Band in Indonesia pada tahun 2006” oleh HAI Magazine (Indonesia), “The 25 Best Band on Myspace     in 2007” oleh rollingstone.com, “Most BlogWorthy Band on The Planet” penghargaan honor tertinggi tahun 2007 oleh Yahoo!Music, “No.91 in TOP 100 Album pada tahun 2007” oleh Yahoo!Music, dan “No.84 in The Best 150 Indonesia Album all the time pada tahun 2007 (issue) oleh Rolling Stone Indonesia Magazine.

Pada tahun 2010 ini, White Shoes & The Couples Company merilis album baru "Album Vakansi" bersama purapura records dan demajors. "Album Vakansi" Berisi 13 lagu. Untuk 2000 edisi pertama tersedia bonus artwork poster dan sticker Harga Rp 35,000. Yang diproduseri oleh David Tarigan dan White Shoes & The Couples Company. "Album Vakansi" berisikan 13 lagu yaitu: Berjalan-jalan, Zamrud Khatulistiwa (versi 2010), Senja Menggila (versi album), Selangkah Keseberang (feat. Fariz RM), Rented Room, Kampus Kemarau, Sans Titre, Hacienda, Masa Remadja, Ye Good Ol’ Days, Vakansi (feat. Oele Pattiselanno), Kisah dari Selatan Jakarta, Matahari. Diproduksi oleh purapura Records(David Tarigan, Aldo Sianturi dan Dono Firman) dan White Shoes & The Couples Company, dan diedarkan oleh demajors dalam bentuk cd. Mulai hari Rabu, 6 Oktober 2010, “Album Vakansi’ sudah bisa didapatkan di toko-toko cd dan kaset.
Sebuah resensi untuk memotivasi para kawula muda agar terus berkarya dan bagi lu, lu, lu dan lu yang biasa mengadakan acara/gigs/pensi/apapun itu , White Shoes & The Couples Company  bisa menjadi salah satu alternative kalian untuk mengundang di acara kalian. Bisa dijamin engga akan gagal, karena kalian akan dimanjakan oleh aksi panggung artis top papan atas Ibukota yang semakain gundah gulana dan bermuram durja.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -