The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani January 31, 2014

Saya sempat menulis tentang buku puisi Kepulangan Kelima, di sana saya berandai seperti seorang anak kecil yang diberikan kotak musik mainan yang ketika dibuka kotaknya maka akan mengeluarkan bunyi atau nyayian dari kotak tersebut.  Entah, ada yang membuatnya saya selalu suka membaca buku puisi Kepulangan Kelima berkali-keli.  Salah satu puisi yang saya suka adalah Biar Kutitpkan Kau Pada Semesta. membaca ini, saya sadar betul bahwa hidup di negeri ini tidaklah mudah.  Tidaklah semudah mengajak menikah.  Tidaklah semudah bercinta sampai lelah. Ada sesuatu pesan yang secara tersirat maupun terurat di sampaikan om Irwan Bajang lewat puisinya ini.  Sungguh, saya menyukainya.  Sangat.

Dan saya sarankan untuk membeli buku puisi Kepulangan Kelima.

Biar Kutitipkan Kau Pada Semesta



biar kulepaskankau bayi mungil lucuku
bayiku gemuk berkulit hitam
bermata sayu dan berbibir agak tebal
beri kesempatan aku untuk melupakanmu

biar kutitipkan kau pada semesta
sebeb merawatmu,
sama saja menyaksikan kematianmu pelan-pelan
rambut keriting hitam di kepalamu
belum mengerti mahalnya susu dan makananmu di negeri ini
harganya telah membuat ayahmu mati kemarin pagi
dikeroyok manusia satu terminal

di tanah yang katanya surga tropis ini
serigala dan setan bersindikat menjadi raja rimba
ini persoalan tak sederhana, nak
mata sayumu terlampau bening untuk paham segala
jadi, biarkan kutitipkan kau pada alam raya
tidur yang nyenyak di keranjang ini,
menangislah esok di dingin pagi
semoga seorang bingung berkenan menjemputmu

kelak jangan percaya pada siapa pun
jangan pernah cari aku, ibumu
apalagi ayahmu
: ia telah mati kemarin pagi
dibacok orang satu terminal
lantaran ketahuan menyobek tas penumpang

jangan pernah cari aku
aku akan mulai berdandan dan bersahabat dengan malam
menjual daging berlendir
sambil menertawakn nasib yang makin muram
ijazah tamat SMP-ku, sudah lama aku lupakan
telah lama hilang bersama banjir dan bocor di rumah kita
tidurlah dan esok pagi menangislah
aku, ibu kandung yang secara halal dan sah menikah dengan ayahmu
akan pergi mengganti semua identitas
kau bukan anak haram,
hanya saja kau lahir pada keluarga yang salah
kami manusia miskin yang tak mau berbagi kemiskinan denganmu
sayang



2009
Irwan Bajang, Kepulangan Kelima
gambar: dari sini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -