The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani October 19, 2013

merah, kereta, insomnia,
waktu, kepulangan, tanah,
Malaysia, pernikahan, O,
namamu, desa,
negara, Tuhan,
Aria, ingatan, pasar malam,
puisi, kota, kabut,
tembakau, rindu, Rinjani,
mimpi, Ibu, kampung halaman,
terbakar, rahasia,

Kata-kata di atas adalah segerombolan kata yang akan sering dijumpai di buku puisi #KepulanganKelima - Irwan Bajang.



Tahu kotak mainan yang dibuka tiba-tiba ada dua boneka saling menari; berputar, dan diiringi musik itu? Yup, seperti itulah buku puisi #KepulanganKelima. Ketika kalian buka setiap halamannya, maka ada yang menari-nari di atasnya. Saat mulai membacanya tiap sajaknya, maka mulailah kalian diajak menari bersamanya.

"seperti usia remaja dulu, aku ingin datang lagi
kujemput kau dalam malam pertama mimpi basahku
usai kita berciuman di kebun tebu milik tetangga
sebelum akhirnya
gerombolanku gagal menculikmu menjadi istriku"

Secuil kutipan sajak dari buku puisi #KepulanganKelima yang berjudul: Kepulangan Kelima. Membayangkannya saja, saya diajak paksa untuk mengingat mimpi basah pertama. Sial, ya?

Masih banyak lagi cerita-cerita yang diangkat di sana, seperti: kutitipkan kau pada semesta; membaca ini saya menangis, karena membuat saya takut jadi tua. Pula, kelak akan dititipkan anak dan takut tidak bisa mengemban tanggung jawab semua.

Setelah saya pikir-pikir, negeri ini tidak butuh banyak Negarawan, tapi butuh banyak penyair. Olehnya, mata, hati, dan pikiran kita dibuka selebar-lebarnya. Saya tahu itu berlebihan, namun itu saya rasa pantas untuk negeri ini yang tak ada habisnya akan koruptor yang mesti diberantas.

Dari buku puisi #KepulanganKelima, saya jadi tahu, bahwa pemilik segala adalah Tuhan. Dibuatnya kita tidak pernah tahu hari esok akan seperti apa, bahkan sampai kepulangan kita yang kelima.

Maaf atas review-nya yang begitu singkat. Serta, mengatas-namakan cinta, saya ingin ucapkan terimakasih atas buku puisi #KepulanganKelima, om Irwan Bajang.


Perpustakaan Teras Baca, 17 Oktober 2013

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -