The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani October 15, 2013

Aku malu untuk cerita. Istriku ngidam suami muda," kata seorang Tentara yang murung dan duduk di warkop sendirian.





***

Ngidam? Eum, sesuatu yang sudah umum di telinga tapi sekarang sudah jarang saya lihat langsung (orang yang ngidam). Entah apa mungkin orang-orang yang memilih nikah muda tidak lagi merasakan ngidam? Yup, ngidam banyak terjadi dikalangan orangtua kita.

Banyak artikel tentang 'ngidam', bertaburan di google. Setidaknya saya bisa membuat benang merah sendiri, bahwa ngidam hanya mitos belaka. Belum ada kajian ilmiah tentang ngidam, paling beberapa paper tentang ngidam. Ada yang beranggapan bahwa ngidam itu karena aktifnya hormon-hormon selama kehamilan, antara lain meningkatnya kadar progesteron. Naiknya hormon ini berpengaruh pada fungsi dan metabolisme tubuh, salah satunya pada organ pencernaan dan produksi air liur.

Tidak cuma itu, pula, ada yang beranggapan, kalau seorang wanita hamil muda dan mengidam yang manis-manis seperti cokelat dan lain-lain, maka Ia akan melahirkan anak perempuan. Berbeda jika mengidam yang asin atau asam, maka Ia akan melahirkan anak laki-laki.

Tidak ada yang tahu. Lagi, ini cuma mitos dan kebanyakan benar. Belum ada kajian ilmiahnya.

Banyak juga yang beranggapan jika ngidam tidak dituruti, anaknya akan rusak fisik nanti. Entahlah, tapi apa yang terjadi jika ngidamnya aneh-aneh? Seperti ngidam mangga muda dengan batang-batangnya, ngidam suami baru, dan lain-lain.

***

Eum,…
baru juga ngidam, tapi sudah banyak permintaan.



Perpustakaan Teras Baca, 11 Oktober 2013.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -