The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani June 18, 2013

Saya ingat, 30 maret 2012 lalu, para wakil rakyat sedang rapat di Gedung berbentuk pantat. Rapat besar untuk memastikan harga BBM yang kian menjadi permainan orang-orang berperut besar. Dari pagi sampai malam mahasiswa terus melantangkan suara penolakan. Entah, perhitungan dari mana, yang jelas mereka turun atas nama almamater masing-masing. Mahasiswa ini teriak ini, mahasiswa itu teriak itu, beragam wana menghiasi kelabunya nasib rakyat yang kian melarat. Konon, mahasiswa turun ke jalan melaksanakan aksi karena ada uang yang menunjang mereka untuk makan. Apapun isu yang beredar tapi, disitulah bukti bahwa mahasiswa masih ikut andil dalam setiap keputusan yang kerap tidak adil.

Saya juga ingat, 30 Maret 2012 lalu, untuk kalo pertamanya saya stand-up (bukan stand-up comedy) di depan para petinggi Fakultas. Di sana, saya diikut sertakan untuk pemilihan ketua BEM-Fakultas (baca: semacam Gubernur Mahasiswa) dalam Debat Politik. Ini adalah kesempatan saya bisa bersua di depan umum. Ini adalah kesempatan saya bisa meluapkan keresahan diri tentang civitas akademik. Perlu diingat, pemilihan sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa untuk memenangkan salah satu pihak 'yang dianggap layak'. Toh, di negeri ini tidak ada yang layak. =Jika ada, beritahu saya sekarang.

Saya sangat ingat, 30 Maret 2012 lalu, untuk kali pertamanya sebuah komunitas kecil Stand-up Comedy lahir di kampus saya, Unida. Saat itu, disebuah acara penggalangan dana untuk sebuah yayasan kanker anak di Indonesia dibuat sesederhana mungkin, atau lebih tepatnya ala-kadarnya. Awalnya, memang hanya ingin memperkenalkan sebuah jenis hiburan baru di kampus tapi, (lagi) saya sendiri belum menemukan para pelaku stand-up comedy. Polanya adalah membeli kucing dalam karung. Ternyata malam itu dihadiri buanyak penikmat stand-up comedy, bahkan ada 11 komika yang perform. Semuanya stand-up untuk kali pertama. Banyak yang tertawa dan banyak pula yang berpikir keras maksud ucapan komika. Dana terkumpul, penikmat stand-up comedy-pun berkumpul. Jujur, saya sendiri tidak mengenal orang-orang yang stand-up kala itu, yang saya tahu hanyalah, mereka orang-orang terpinggirkan oleh kebijakan kampus yang membuat kuliah mereka berantakan. Paling, hanya satu-dua orang yang saya kenal, itu juga perlu 'dicocol' lama soal stand-up comedy dulu baru mau.

Memang tidak ada kaitannya antara aksi mahasiswa yang demo di Gedung Pantat dengan pemilihan ketua BEM-Fakultas lalu penggalangan dana tapi, di sana kita bisa lihat bahwa membuat perubahan tidak perlu melakukan hal yang serupa namun, bisa dilakukan secara beragam. Kita sadar, semua manusia pasti berusaha, pasti berjuang tapi, tidak semua manusia bisa membuktikan. Sepakat atau tidak, perubahan lahir dari tangan pemuda. Mungkin mahasiswa.

Kini, ketika harga BBM dipermainkan (lagi) di Gedung besar berbentuk pantat, masih ada mahasiswa yang ingin bersua untuk semua.

Sebuah apresiasi layak diberikan untuk sebuah usaha, perjuangan para penikmat stand-up comedy di kampus. Tentunya hanya pantas dibayar oleh sebuah pembuktian bahwa mereka (nyaris) layak berdiri sendiri di panggung mini show. Sudah satu tahun lebih, sudah saatnya membuktikan.

Nanti, di Mini Show @StandUp_Unida, akan berdiri lima orang komika yang telah membuktikan diri di lima panggung audisi #BlueNiteBGR. Lima komika yang ingin membuktikan diri (atau mempermalukan diri) di sebuah panggung yang tidak semua komika bisa berdiri di sana. Lima komika yang telah siap membuat opini dan melahirkan sudut pandang baru seputar kehidupan mahasiswa. Terangkum dalam satu panggung Mini Stand-up Comedy Show - SkeMa: Skenario Mahasiswa. Merekalah, @EkaDOKY; @masjayusmas; @ories88; @FaisalxXHunteR; dan bintang baru Stand-up Unida… @fajarnugraa. Mereka akan berbagi panggung dengan dua komika dari @StandUpIndo_BGR, @Koide_Namizo dan @fazarwarmit.

Saksikan mereka pada Sabtu, 22 Juni 2013 di Aula Gedung C Universitas Juanda, Bogor pukul 10.00 WIB. Tiket hanya Rp. 5000,-. See you.


FYI: Hasil penggalan dana itu baru bisa di donasikan saat #StandUp4Charity yang dilakukan oleh @StandUpIndo untuk komunitas @YPKAI_C3 Community for Children with Cancer.

FYI: tanggal 29 juni 2013 nanti juga saksikan #BlueNiteBGR oleh @StandUpIndo_BGR di Padjajaran Suite Hotel pukul 19:30 WIB. Di sana juga akan kedatangan komika asyik seperti @Mongol_Stres dan Regzindahood juga diawali oleh lima komika Bogor: @pandaikata @IrawanRaharja @Koide_Namizo @fazarwarmit dan… @fajarnugraa.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -