The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani May 27, 2011

PENDIDIKAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pada siang yang berbahagia ini, saya, Harry Ramdhani, mahasiswa fisikom Universitas Djuanda jurusan Hubungan Masyarakat, akan membahas tentang “pendidikan sebagai bahan dasar menuju Negara yang maju”
‘apakah kalian sadar, mengapa kalian sering dianggap bodoh . . ?? sampai-sampai negara kita dengan begitu mudahnya direndahkan oleh Negara lain . . karena kalian sebagai mahasiswa teralu menganggap remeh temeh tentang apa itu PENDIDIKAN’. Pendidkan begitu sangat penting didalam kemajuan suatu Negara’. “coba kalian bayangkan,apabila kalian sedang berada disekitar kolong jembatan atau TPS atau daerah kumuh, berapa pun mereka yang ada disana berusaha keras, kemungkinan besar mereka tetap menjadi orang miskin, begitu juga anak keturunan mereka nanti dan begitu seterusnya. Sedangkan kalian, boleh tidak punya uang, tapi kalian disini punya kesempatan untuk berhasil, bahkan bisa membantu orang-orang seperti mereka. Mereka tidak punya akses untuk pendidikan, tapi kalian punya. Jadi, kenapakita harus malas-malasan . . ?? apa lagi sampai meremehkan pendidikan, kalian mempunyai pilihan untuk memilih agar bisa lebih baik, sehingga tidak pantas bagi kalian untuk malas.
Apabila kalian melihat lebih luas lagi, sebenarnya ini sudah ada pada Undang-Undang Dasar 1945, tetapnya pada pasal 34, yaitu disebuatkan bahwa orang miskin dan anak terlantar dipelihara oleh Negara, tetapi, dimana Negara itu sekarang . . ??
Disinilah tepatnya fungsi kalian sebagai mahasiswa dengan meng’aplikasikan “tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian”
Dulu, semasa aku duduk dibangku sekolah menengah, aku begitu terpengaruh tentang kata-kata “STOP GLOBAL WARMING”, dan apa yang aku lakukan, sebagai pelajar mungkin aku hanya bisa berbuat suatu hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan , apabila ada orang yang membuang sampah didepan aku, aku akan pungut itu sampai melihat tempat sampah lalu membuangnya atau waktu itu sampai mencoret-coret tas sekolah bertuliskan “LET’S GO GREEN- GREEN IN ACTION” agar setiap orang-orang yang berjalan dibelakang saya bisa membaca itu dan berharap bisa meng’aplikasikan itu . .
Tidak lama menjadi aktivis gadungan tentang lingkunagan, aku sekaligus menjadi duta gadungan Aids, karena banyak disekitar kita para ODHA dikucilkan oleh lingkungan sosialnya, sehingga setiap tanggal 1 desember aku selalu membagi-bagikan pita merah keseluruh siswa tempat aku sekolah, sebagai tanda kalau kita peduli akan ODHA . .
Sehingga aku menarik satu benang merah pada pengalaman terdahulu yaitu dengan pendidikan kita yang semakin tinggi, maka kita dapat dengan seksama terhadap suatu objek dengan berpikir matang-matang terlebih dahulu, sehingga tidak menimbulkan stereotype yang mengarah pada prasangka kearah negative.
Itulah pendidikan dimata saya sebagai mahasiswa fisikom, dimana didalam pendidikan pendidikan kita bisa belajar berbagai macam hal , dari teknologi, olahraga, lingkungan, kesehatandan lain-lain. Bahkan apa bila kita mempunyai basic sebagai journalist, tulisan, literasi, ide adalah ukuran-ukuran peradaban maju yang jarang sekali kita perlihatkan ke Negara-negara lain, mungkin yang sering kita lihat hanya kesenian saja. Karena dengan mengekspresikan ide dengan tulisan adalah bukti mutlak bangsa berperadaban tinggi, menulis berbagai hal, menulis ide-ide besar, menulis tentang budaya, menuulis tentang seni.
Nah, dalam rangka memajukan pendidikan, mari kita sebagai mahasiswa harus terus berjuang untuk pendidikan. Teriakan “man jadda wajada” didalam hati (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil), karena salah satu ciri dari Negara yang maju bukanlah Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, melainkan dari suber daya manusianya yang berpendidikan dan semua bangsa besar adalah bangsa yang gemar menulis dan membaca, punya budaya literasi dimana akan menghasilkan bangsa yang berbicara ide besar dalam tulisan.
Mungkin, hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesemptan kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam berucap, karena kesalahan adalah mutlak milik saya san kesempurnaan milik ALLAH SWT. Akhir kata . .

Wassalammu’alaikum Wr.Wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -