The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani November 23, 2010

BAB II
PERMASALAHAN


2.1. Masalah Kasus dalam Sinetron

Sinetron kini adalah sebagai salah satu unjung tombak dari berbagai macam insane per-televisian kita. Tetapi tidak hanya sinetrono saja yang menjadi ujung tombaknya, masih ada tayangan gossip entertainment yang sangat diminati masyarakat Indonesia.
Mungkin tayangan seperti ini sudah jadi sarapan, makan siang hingga makan malam kita saat ini, akan nada muncul pertanyaan “apakah tayangan seperti ini mendidik untuk kemajuan bangsa Indonesia . . ??”
Tayangan cinta fitri season 6 akan menjadi pembahasan dalam makalah ini, dan ini ada sedikit resensi yang ada di dalam cinta fitri season 6 :
“Setelah Mischa tidak sengaja tertusuk, Fitri membawanya ke rumah sakit dengan ambulance. Farrel terus mengejar Handoko, tapi dia berhasil kabur. Mischa dalam kondisi kritis, namun Fitri malah menunggui Mischa di sana.
Ketika Oma dan Lia kembali ke rumah, tanpa mereka duga, Handoko ternyata sudah ada di sana, menyandera Raffa dan berniat menghabisi semua. Lia, Oma, dan Bulik berkonfrontasi langsung dengan Handoko. Untungnya, Lia sempat mengabarkan kondisi ini ke Farrel. Farrel bersama polisi datang mengepung Handoko. Handoko kabur, tapi Farrel berhasil mengejar dan akhirnya Handoko mengakui semua perbuatannya, sebelum terpeleset jatuh dan meninggal.
Sementara itu, Farrel hingga saat ini masih amnesia dan perlahan-lahan mulai ingat masa lalunya. Ketika Farrel menggendong Fitri yang sedang sakit ke rumah sakit, Farrel merasa bahwa ia pernah mengalami hal serupa. Namun, Mischa membiarkan Farrel semakin dekat dengan dirinya. Mischa tidak ingin Farrel kembali ke tangan Fitri. Farrel juga sempat meilhat foto Fitri dan Farrel di gudang. Farrel merasa pusing dan jatuh pingsan. Seketika itu juga, pada saat Fitri mencari Raffa, Fitri menemukan Raffa bersama Farrel di gudang. Fitri segera menolong Farrel yang tergeletak jatuh di lantai.
Rahasia anak yang dikandung Angel terungkap. Pram, mengakui bahwa ialah yang menghamili Angel. Senny, yang juga sepupu Pram membantu Aldo untuk menyelesaikan masalahnya sebelum ia berangkat ke Singapura untuk bekerja di sana. Kabar bahagia datang dari keluarga Aldo dan Moza, Aliza mendapat donor yang cocok untuk dirinya. Aldo, Moza dan Aliza berangkat ke Shanghai, China untuk menyembuhkan penyakit Aliza.
Norman yang sudah pulang kembali ke rumah, meminta maaf kepada semua keluarganya atas perbuatannya yang telah mempermalukan keluarganya. Setelah Norman ditinggal Senny pergi ke luar negeri, Norman bertemu secara tak sengaja dengan seorang wanita yang bernama Joana. Joana pertama kali menganggap Norman adalah seorang tukang ojek.
Sementara itu, Mischa mulai membaik. Setelah sadar, bukannya berterima kasih, dia malah membuka konfrontasi baru dengan Fitri dan seluruh keluarga Hutama dengan berusaha membawa Farrel keluar dari rumah dan lingkungan keluarga Hutama. Keluarga langsung kesal dibuatnya. Bahkan Lia jadi stress dan akhirnya jatuh sakit. Di tengah kondisi yang menjadi semakin tegang karena Mischa berhasil menguasai Farrel, kesehatan Lia semakin memburuk dan Lia akhirnya meninggal dunia. Seluruh keluarga besar Hutama sedih. Bahkan, Maya tidak mengizinkan Farrel untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Lia karena sebelumnya Farrel sudah menolak datang untuk menemui Lia.
Lia membuat surat warisan dan surat tersebut disimpan oleh Hartawan, pengacara Farrel. Lia memberikan seluruh harta kekayaannya ke tangan Farrel. Lia menganggap Farrel bisa memegang amanah dari ayah dan ibunya tersebut. Bahkan di wasiat tersebut tertulis bahwa Farrel harus menikahi Fitri. Awalnya Farrel heran dan kemudian menuruti wasiat maminya itu untuk menikahi Fitri. Farel semakin membenci Mischa yang menurut Farrel, karena mereka pindah rumahlah Mami mereka meniggal. Apalagi karena Mischa mendesak Farrel untuk tidak datang ke rumah sakit ketika Lia kritis.
Ternyata, Lia masih hidup dan berpura-pura meninggal agar Fitri dan Farrel bisa bersatu kembali. Mischa merasa curiga dan mulai menghasut Farrel bahwa semua itu cuma akal-akalan mereka. Hartawan pun memberikan video Lia yang membuat surat wasiat itu. Farrel makin membenci Mischa. Mischa berusaha untuk membuktikan bahwa Lia masih hidup, namun usahanya selalu gagal. Sampai sehari sebelum pernikahan Lia menunjukkan diri kepada Mischa. Semua itu tak merubah apapun karena akhirnya Fitri dan Farrel berhasil menikah lagi.
Namun Mischa akhirnya menemukan tempat Lia, menyekapnya dan membuat video seolah Fitri yang membunuh Lia. Fitri menjadi buronan dan dikejar-kejar polisi. Farrel sangat marah kepada Fitri, tetapi di dalam hatinya ia tidak mempercayai semua itu, dan akhirnya mulai menyelidikinya. Fitri yang berusaha menolong Lia akhirnya kecelakaan dan ditolong oleh Slamet. Dengan bantuan Slamet dengan anaknya, Desi, Fitri menyamar menjadi Nuraini dan masuk ke Retro, sambil mengorek informasi tentang keberadaan Lia.
Sementara itu Aldo terus diteror, semenjak ia menolong wartawan yang tertembak. Wartawan tersebut memasukkan sesuatu ke kantung celana Aldo tanpa disadarinya.
Dan Norman merasa minder terhadap pacar barunya, Joana, yang telah dibohonginya bahwa ia adalah orang yang tampan, kaya dan gagah. Ternyata, Senny dan Joana sudah saling mengenal. Rencananya, Senny bersama Norman ingin menemui Joana di rumahnya. Senny tidak tahu kalau Norman adalah pacar Joana.
Usaha Fitri membuahkan hasil. Fitri alias Nuraini dipercayai oleh Mischa dan Fitri berhasil membebaskan Lia dan menempatkannya di rumah Desi dan Slamet. Mischa kembali diakali oleh Fitri sehingga Fitri alias Nuraini berhasil tinggal di rumah mereka menjadi pengasuh Raffa.
Sementara itu, Maya membuat suatu pengakuan kalau anak yang dikandung Maya bukanlah anak Bram, melainkan Hartawan. Kejadian ini membuat Lia, Oma dan yang lainnya kecewa berat terhadap Maya. Maya memutuskan untuk keluar dari rumahnya. Namun, Oma berhasil mengatasi Maya. Maya akhirnya tinggal bersama lagi di rumahnya.
Adiknya, Kayla kembali ke rumahnya setelah ia sempat menginap di rumah Lia. Ketika Kayla pulang, rumahnya berada dalam kondisi kosong. Kayla ingin membuat kejutan untuk Hadi dan Abel pada saat mereka pulang. Namun, Kayla merasa terusik ketika seorang wanita masuk ke rumahnya bersamaan dengan Hadi dengan Abel. Wanita tersebut bernama Rita. Kayla merasa cemburu.
Menjelang libur Idul Fitri yang berlangsung selama 5 hari, seperti tahun-tahun sebelumnya, Farrel dan Fitri membagikan THR kepada pegawai-pegawai Retro. Farrel dan Fitri meminta maaf kepada semua karyawan apabila Farrel dan Fitri memiliki kesalahan kepada semua karyawan ketika bekerjasama dengannya. Acara tersebut berjalan dengan lancar. Apalagi ada Lia di Retro dengan menutupi wajahnya. Untungnya, Farrel tidak mengetahui kalau Lia masih hidup.
Faiz, Oma dan Fitri rupanya ingin mengerjai Mischa dengan cara memasukkan Mischa ke dalam lift kantor dan mematikan mesin lift tersebut. Mischa bisa dibebaskan ketika Mischa berlutut di depan lift sambil meminta maaf kepada Oma karena Mischa sudah mendorong Oma ke sofa. Ternyata, Mischa tidak dikeluarkan dari lift dan berada di dalam lift selama 5 hari.
Raffa yang tengah disiksa oleh Mischa, mengambil foto Fitri.Namun sayangnya, foto tersebut dibanting oleh Mischa sehingga kepala Raffa terbentur lantai ketika mengambilnya kembali.Raffa pun tidak menangis.Namun setelah Raffa dibawa oleh Farrel dan Fitri ke rumah sakit, terdengarlah suara adzan sehingga Raffa mulai menangis.Kejadian tersebut kemudian membuat Farrel hampir ingat masa lalunya.Berbagai usaha yang dilakukan Fitri untuk memulihkan ingatan Farrel telah dilakukan.Salah satunya adalah cincin yang pernah diberikan kepada Farrel kepada Fitri pada malam pernikahannya.
Pelan tapi pasti ingatan Farrel mulai kembali. Mischa yang semakin terpojok, kembali bermain drama. Ia meminum racun dan dirawat di rumah sakit. Pastinya, Farrel menjadi peduli pada Mischa. Di rumah, Fitri menemukan kaset rekaman ketika Maya lumpuh karena kecelakaan saat mengetahui perbuatan Mischa kepada Hutama. Fitri berencana memperlihatkan video itu di rumah sakit untuk Farrel. Maya pun datang. Namun Mischa kembali beraksi dan mencuri kaset itu, menyerahklannya pada Office boy untuk dihancurkan. Rencana Mischa gagal . Tuhan berkehendak lain. Kaset tersebut menggelinding di tempat Zikir. Ketika Farrel dan yang lain mengikuti Zikir, mereka terkejut melihat video itu. Alhasil ingatan Farrel kembali sedikit pada saat ia menyuapi Maya dan mengajar Maya berjalan.”



Pemeran Utama
Pemain berikut adalah kunci utama dari alur sinetron ini.
• Shireen Sungkar sebagai Fitri
• Teuku Wisnu sebagai Farrel
• Adly Fairuz sebagai Aldo
• Donita sebagai Moza
• Dinda Kanyadewi sebagai Mischa
• Sandy Syarief sebagai Faiz (pertengahan season 3)
• Verlita Evelyn sebagai Maya
• Iqbal Pakula sebagai Bram
• Irene Librawati sebagai Lia
• Ida Kusumah sebagai Oma
• Nuri Maulida sebagai Kayla pemeran kedua (pertengahan season 2)
• Lian Firman sebagai Hadi (pertengahan season 2)
• Meidiana Hutomo sebagai Bu Lik Rini (season 1 - awal season 2, akhir season 3)
Pemeran Pendukung
Pemain berikut masih bermain hingga awal Season 6.
• Bemby Putuanda sebagai Norman
• Anbo Ontocheno sebagai Yuga
• Arthur Tobing sebagai Iman
• Angelia Quartiana sebagai Abel (pertengahan season 2)
• Chilla Irawan sebagai Nadine (season 1 - season 3, mulai awal season 5)
• Fabian sebagai Alif
• Indah Ayu Putri sebagai Angel (awal season 5)
• Teuku Ryan sebagai Hartawan (awal season 4)
• Raffa Nemaja sebagai Raffa (mulai awal season 4)
• Ayu Diah Pasha sebagai Asifa (awal season 5)
• Rini Yulianti sebagai Joana (awal season 6)
Pemeran Season 1 - Awal Season 6
Pemain berikut telah bermain mulai dari, maupun hanya dalam Season 1 hingga Awal Season 6.
• Boy Tirayoh sebagai Hutama (season 1 - pertengahan season 3)
• El Manik sebagai Handoko (awal season 5 - awal season 6)
• Randy Pangalila sebagai Tristan (awal - pertengahan season 1, pertengahan season 3 - awal season 4)
• Silvana Herman sebagai Doli (pertengahan season 4)
• Rizky Hanggono sebagai Firman (awal season 1)
• Metha Yunatria sebagai Nabila (season 1)
• Fanny Ghassani sebagai Kayla pemeran pertama (season 1 - pertengahan season 2)
• Elsye Virgita sebagai Salsa (season 2 - pertengahan season 3)
• Debby Cynthia Dewi sebagai Asih (season 1 - awal season 4)
• Revand Narya sebagai Fathan (Yadi) (pertengahan - akhir season 5)
• Jonathan Frizzy sebagai Hendri (Erwin) (pertengahan - akhir season 5)
• Ajeng Kartika sebagai Diana (pertengahan season 4)
• Nurul Hidayati sebagai Dinita (pertengahan seson 3, kembali saat akhir season 4)
• Windy Wulandari sebagai Senny (akhir season 4 - awal season 6)
• Restu Sinaga sebagai Binsar (awal - pertengahan season 4-5)
Jika dilihat dari sedikit alur cerita dari sinetron diatas, alur ceritanya hanya berputar dan terus berputar. Mungkin bias dibayangkan akan seperti apa rakyat Indonesia apabila akan terus menerus menonton tayangan seperti ini yang tiada hentinya, karena tayangan seperti ini akan berimbas pada kehidupan sosial yang akan diikuti.
Taraf pendidikan di Indonesia masih di bawah rata-rata, oleh sebab itu apabila hanya disuguhkan tayangan yang seperti ini masyarakat Indonesia tidak akan bisa untuk maju. Walaupun tayangan seperi ini tidak ditonton oleh semua masyarakat kita, tetapi cara penempatan jam tayangnnya di tempatkan pada primetime (waktu utama) yaitu pukul 20:30 WIB.






TUGAS
Mata Kuliah “Sosiologi Komunikasi”

Tayangan Per-televisi-an yang tidak Mendidik











Nama : Herry Ramdhani
NIM : G 0910238
FISIKOM/Reguler

DAFTAR ISI


Daftar Isi………………………………………………..……………………………..i
BAB I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang…………………………………………………………………1

BAB II. Permasalahan
2.1. Masalah Kasus dalam Sinetron………………………………………………..2

BAB III. Penutup
3.1. Kesimpulan…………………...……………………………………………….7
3.2. Saran………………………………………………...………………………...7
























BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dalam kasus Sosiologi Komunikasi ini menceritakan tentang masalah tayangan per-televisi-an yang semakin tidak ada latar pendididkannya bagi setiap penontonnya. Dan dalam makalah ini , akan diambil salah satu tayangan ditelevisi yang sama sekali tidak memiliki latar pendidikannya, yaitu “Cinta fitri season 6“.
Didalam kasus makalah ini , yang diangkat adalah realita kehidupan yang terlalu di ada-adakan. Sehingga banyak kehidupan yang terjadi banyak diikuti oleh kebanyakan khalayak masyarakat kita yang kurang mengerti dan sangat kurang sekali taraf pendidikannya. Sebenarnya sinetron ini tidak terlalu menyedot perhatian apabila penempatannya benar, tetapi karena ditempatkan pada primetime (waktu utama), sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menontonnya.
Memang, sinetron ini sudah mendapatkan rekor dari MURI sebagai sinetron terlama di Indonesia dengan 777 episode 5 season. Tetapi ini masih belum final juga, karena masih ada juga kelanjutan ceritanya di Cinta fitri season 6. Dan ini lah yang akan di angkat dalam makalah ini.













BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Didalam tugas dari pertayangan yang ada, sudah diwajibkan untuk ada unsure “mendidik”. Jadi ketika tayangan atau apapun itu yang tidak memiliki unsure “mendidik” didalamnya, lebih baik tidak usah ditayangkan atau disuguhkan. Karena hanya akan membuat kita serasa dibodohi oleh tayangan itu sendiri.
Dimakalah ini, menerangkan bahwa tayangan sinetron “cinta fitri” sama sekali tidak memiliki unsure “mendidik” didalamnya. Jadi, lebih baik tayangan seperti itu dihentikan atau ditempatkan bukan di jam primetime, karena di jam-jam seperti itu sangat penting untuk disuguhkan tayangan yang “mendidik” agar Indonesia bisa lebih maju dengan tayangan yang ada.

3.2. Saran
Untuk yang belum memulai untuk menonton tayangan seperti ini, baiknya tidak untuk ditiru. Karena hanya akan merusak kehidupan sosial kita dalam kehidupan sehari-hari.
Dan para calon senias muda, akan lebih ditunggu karya-karyanya untuk merubah tayangan di Indonesia agar bisa lebih mendididk dan membuat Indonesia menjadi maju lewt karya kalian.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -