The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani November 25, 2010

TUGAS
Mata Kuliah “Sosiologi Komunikasi”

Dampak Acara Gosiip pada Kehidupan












Nama : Herry Ramdhani
NIM : G 0910238
FISIKOM/Reguler


DAFTAR ISI



Daftar Isi……………………………………………………………..………………..i
BAB I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang…………………………………………………………………1
BAB II. Permasalahan
2.1. Masalah dalam Tayangan Gossip ……………………………………...………2
BAB III. Penutup
3.1. Kesimpulan………………………………………………………………..…..5
3.2. Saran……………………………………………………………………..……5




























BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Dalam kasus Sosiologi Komunikasi ini menceritakan tentang masalah tayangan per-televisi-an yang semakin tidak ada latar sosiologi bagi setiap penontonnya. Dan dalam makalah ini , akan diambil salah satu tayangan ditelevisi, yaitu “Acara gossip-insert“.
Didalam kasus makalah ini , yang diangkat adalah realita selebriti yang terlalu di ada-adakan. Sehingga banyak kehidupan yang terjadi banyak diikuti oleh kebanyakan khalayak masyarakat kita yang kurang mengerti dan sangat kurang sekali taraf pendidikannya. Sebenarnya acara gossip ini tidak terlalu menyedot perhatian apabila penempatannya benar, tetapi karena ditempatkan pada primetime (waktu utama), sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menontonnya.
Memang, acara ini sudah mendapatkan berbagai penghargaan. Tetapi, acara gossip yang beakangan in hanya mengangkat tema yang semakin tidak penting. Seperti, kasus selebrity yang masuk penjara dan lain-lain. Secara tidak langsung akan mempengaruhi gaya hidu masyarakat kita.
Di Inggris Modern Awal kata "gosip" yang disebut sahabat saat melahirkan, tidak terbatas pada bidan. Ini juga menjadi istilah bagi perempuan-teman pada umumnya, dengan tidak ada konotasi menghina diperlukan. (OED n. definisi 2. A. "A kenalan akrab, teman, sohib", didukung oleh referensi 1361-1873). Hal ini biasa disebut kelompok mahasiswi atau sosial informal lokal, yang bisa menegakkan perilaku sosial-diterima melalui kecaman pribadi atau melalui ritual publik, seperti "musik kasar", bangku cucking dan perjalanan skimmington.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Masalah dalam Tayangan Gossip
Peter Vajda mengidentifikasi gosip sebagai bentuk kekerasan di tempat kerja, mencatat bahwa itu adalah "pada dasarnya suatu bentuk serangan." Gosip dianggap oleh banyak orang untuk "memberdayakan satu orang, sementara melemahkan lain" (Hafen). Dengan demikian, banyak perusahaan memiliki kebijakan formal dalam buku petunjuk karyawan mereka terhadap gosip. Kadang-kadang ada ruang untuk ketidaksepakatan pada apa yang merupakan gosip tidak dapat diterima, karena gosip tempat kerja bisa mengambil bentuk komentar seenaknya tentang kecenderungan seseorang seperti "Dia selalu mengambil makan siang panjang, "atau" Jangan khawatir, itu hanya bagaimana dia. Tattletailing kepada atasan tanpa maksud untuk melanjutkan solusi atau berbicara dengan rekan kerja tentang seseorang sesuatu yang lain telah dilakukan untuk marah kita. " email perusahaan dapat menjadi metode yang sangat berbahaya pengiriman gosip, sebagai media yang semi-permanen dan pesan yang mudah diteruskan ke penerima yang tidak diinginkan, dengan demikian, misa artikel High Tech menyarankan pengusaha untuk menginstruksikan karyawan untuk tidak menggunakan jaringan perusahaan email untuk gosip [8. ] Harga diri yang rendah dan keinginan untuk "cocok" sering disebut sebagai motivasi untuk gosip di tempat kerja. Ada lima fungsi penting yang gosip telah di tempat kerja.
* Membantu individu belajar informasi sosial tentang individu lainnya dalam organisasi (sering tanpa harus bertemu dengan individu lain)
* Membangun jaringan sosial individu dengan ikatan-rekan kerja bersama-sama dan orang-orang berafiliasi dengan satu sama lain.
* Breaks ada obligasi oleh ostracizing individu dalam organisasi
* Meningkatkan status sosial seseorang / power / prestise dalam organisasi
* Menginformasikan individu seperti apa yang dianggap perilaku yang dapat diterima secara sosial dalam organisasi (DiFonzo & Bordia).
Menurut Kurkland dan Pelled, gosip tempat kerja bisa sangat serius tergantung pada jumlah kekuatan yang bigos ini memiliki lebih dari penerima, yang pada gilirannya akan mempengaruhi bagaimana gosip ditafsirkan. Ada empat jenis kekuasaan yang dipengaruhi oleh gosip
* Koersif: ketika bigos sebuah menceritakan informasi negatif tentang seseorang, penerima mereka mungkin percaya bahwa bigos juga akan menyebarkan informasi negatif tentang mereka. Hal ini menyebabkan gossipers kekuatan pemaksa meningkat.
* Reward: ketika bigos berkata kepada informasi positif tentang seseorang, penerima mereka mungkin percaya bahwa bigos juga akan menyebarkan informasi positif tentang mereka. Hal ini menyebabkan daya hadiah gossipers meningkat.
* Ahli: ketika bigos tampaknya memiliki pengetahuan yang sangat rinci baik nilai-nilai organisasi atau tentang orang lain dalam lingkungan kerja, kekuatan mereka menjadi ahli ditingkatkan.
* Referensi: kekuatan ini bisa dikurangi atau ditingkatkan ke suatu titik. Ketika orang melihat bergosip sebagai aktivitas kecil dilakukan untuk membuang waktu, tenaga gossipers rujukan dapat menurun seiring dengan reputasi mereka. Ketika penerima dianggap sebagai yang diundang ke dalam lingkaran sosial dengan menjadi penerima, kekuatan gossipers rujukan dapat meningkatkan, tetapi hanya untuk titik tinggi di mana kemudian penerima mulai membenci bigos (Kurland & Pelled).
Beberapa konsekuensi negatif dari gosip tempat kerja meliputi:
*Lost produktivitas dan waktu terbuang,
* Erosi kepercayaan dan moral,
* Kecemasan Peningkatan antara karyawan sebagai rumor beredar tanpa ada informasi yang jelas seperti apa yang fakta dan apa yang tidak.
* Tumbuh perpecahan antara karyawan sebagai orang "memihak,"
* Hurt perasaan dan reputasi,
* Peluang membahayakan bagi kemajuan para gossipers 'karena mereka dianggap tidak profesional, dan
* Atrisi sebagai karyawan yang baik meninggalkan perusahaan karena suasana kerja tidak sehat.
Turner dan Gulma berteori bahwa di antara tiga jenis utama responden untuk konflik di tempat kerja adalah penyerang yang tidak bisa menjaga perasaan mereka kepada diri mereka sendiri dan menyatakan perasaan mereka dengan menyerang apa pun yang mereka bisa. Penyerang selanjutnya dibagi menjadi penyerang up-depan dan penyerang di belakang-belakang. Turner dan gulma dicatat bahwa yang terakhir "sulit untuk menangani karena target orang yang tidak yakin sumber kritik yang manapun, atau bahkan selalu yakin bahwa ada kritik."
Hal ini dimungkinkan namun, bahwa mungkin ada ilegal, tidak etis, atau tidak taat perilaku terjadi di tempat kerja dan ini mungkin menjadi kasus dimana melaporkan perilaku dapat dilihat sebagai gosip. Hal ini kemudian diserahkan kepada otoritas yang bertanggung jawab untuk sepenuhnya menyelidiki kasus ini dan tidak hanya melihat masa laporan dan menganggap itu menjadi gosip di tempat kerja. Semua perilaku ilegal, tidak etis, atau tidak taat yang dilaporkan kepada personil yang tepat harus diambil serius sampai dinyatakan terbukti bersalah.
Jaringan informal di mana komunikasi terjadi di dalam suatu organisasi kadang-kadang disebut selentingan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harcourt, Richerson, dan Wattier, ditemukan bahwa manajer menengah di beberapa organisasi yang berbeda percaya bahwa pengumpulan informasi dari selentingan adalah cara yang jauh lebih baik belajar informasi selain melalui komunikasi formal dengan bawahan mereka dan beberapa gosip terlihat sebagai sepele, menyakitkan dan sosial dan / atau intelektual yang tidak produktif.
Cara-cara seperti ini llah yang selalu kita temui didalam tayangan yang ada didalam sebuah acara gossip di Indonesia dan akan menjadi boomerang bagi kiita semua.



















BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Gosip omong kosong atau gosip, terutama tentang urusan pribadi atau pribadi orang lain. Ini membentuk salah satu cara tertua dan paling umum berbagi fakta (belum terbukti) dan pandangan, tetapi juga memiliki reputasi untuk pengenalan kesalahan dan variasi lainnya menjadi informasi yang dikirimkan. Istilah ini juga membawa implikasi bahwa berita begitu dikirim (biasanya) memiliki sifat pribadi atau sepele, karena bertentangan dengan percakapan normal.
Dalam dekade terakhir, gosip telah diteliti dalam hal asal evolusi yang psikologi. Ini gosip telah menemukan adalah sarana penting dengan mana orang dapat memantau reputasi koperasi dan mempertahankan timbal balik langsung tersebar luas. Langsung timbal balik didefinisikan di sini sebagai "Aku membantu Anda dan orang lain yang membantu saya". Gosip juga telah diidentifikasi oleh Robin Dunbar seorang ahli biologi evolusi sebagai membantu ikatan sosial dalam kelompok besar.
Istilah ini kadang-kadang digunakan untuk secara khusus mengacu pada penyebaran kotoran dan misinformasi, sebagai (misalnya) melalui diskusi gembira skandal. Beberapa surat kabar membawa "kolom gosip" yang merinci kehidupan sosial dan pribadi dari selebriti atau anggota elite masyarakat tertentu.

3.2. Saran
Rakyat Indonesia saat ini sudah dalam keadaan krisis sosiologi, apakah ini akan terus berlanjut sampai kapan . . ??
Tayangan kita sudah semakin buruk dengan tidak adanya insane-insan kreatif didalamnya yang akan merubah itu, jadi lebih baik kita membuat filter terhadap diri kita sendiri gar tidak gampang terjerumus kedalam realita yang ada pada saat ini.

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -