The Pop's

Posted by : Harry Ramdhani December 25, 2011

Apa sih kaitannya suster sama baso . . ??
Gue menemukan fakta ini disalah satu tempat makan baso legendaries ditempat gue. Siapa yang engga kenal sama tukang baso ini, berawal dari gerobak keliling terus mangkal hampir 10 tahun di SD negeri dan kini sudah punya kios baso sendiri. Yups, kalau yang ada dikepala lu itu adalah Baso Mas Gun.
Jadi gini, eumm, mau mulai dari mana yaa . . ??
Okok, saat itu tanggal 24 desember 2011 *kalau yang baca postingin ini baru-baru mah, belum lama koo kejadiannya* gue nganterin peang (buat yang belum tau dia siapa, engga usah dipikirinlah) yang ngerengek mulu minta naik motor dan sekalian aja beli makan malem buat dia, menu makan malam peang malam ini adalah baso. Wuaaw, anak umur 2 taun udaa kepengen baso buat makan malem, kayak orang pacaran aja sih.
Berangkatlah gue sama peang beli baso di Mas Gun, sambil nyanyi hujan rintik-rintik dengan nada yang engga karuan kemana arahnya. Kolaborasi gue dan peang kayaknya layak untuk dinobatkan menjadi best duo/grup dalam Grammy Award deh. Cuaca saat itu juga emang abis ujan yang begitu deres.
Sesampanya disana, gue pesen menurut keinginan peang. Basonya aja engga pake sambel cuma kecap. Seperti itulah peang, laki-laki takut makan pedes
Sambil nunggu dibuatin baso, ada dua orang suster kayaknya yang lagi asik makan baso. Lahap banget. Dan ini adalah kali kelimanya gue liat dia makan baso. Koo suster tiap makan tuh baso mulu yaa . . ?? apa ini disaranin sama dokter yaa . . ??
Oia, jadi di seberang jalan baso Mas Gun itu ada rumah bersalin gitu. Jadi jelas dong kalau ada suster disana yang kelliweran.
Terkesima gue sama cara makannya. Ada 2 bungkus plastik kerupuk yang udaa kosong. Gue yakin ini punya dia, karena engga mungkin kalau punya orang masih ada dimeja tanpa dibersihin dulu. Pertanyaan yang sempe tersirat diotak gue tadipun muncul. Otak gue langsung bekerja sepersekian detik dengan berbagai kemungkinan dan penjelasan yang logis.
Gue : suster itu orang yang merawat dan baso itu makanan yang merakyat. Apa biar dibilang ‘merakyat’ terus suster makannya baso . . ?? bisa juga sih . .
*peang : mas, bebek, mas, Minnie mos* *sambil nunjuk gambar Donald duck sama Minnie mouse*
Gue : atau mungkin karena tempatnya yang deket jadi mereka (suster) engga mau jauh-jauh beliu makanan.
*peang : mas, bebek, mas, Minnie mos*
Gue : atau-atau, ini emang udaa ada waktu para suster masih belajar yaa. Jadi ada mata kuliah khusus tentang pola makan suster terhadap baso terus setelah ada penelitian dan ternyata baso merupakan penambah asupan gizi yang harus diterapkan suster dalam ke-primaan saat merawat pasien. Tapi kalau emang itu bener, gue curiga kalau nanti pasiennya diwajibin makan baso pasca kelahiran. “bu, jadi ibu harus makan baso sehari 3 kali untuk terus menjaga asi para ibu yang baru melahirkan” kata suster, misalnya. Bahaya juga tuuh.
*peang : mas, bebek, mas, Minnie mos* *masih sambil nunjuk gambar Donald duck sama Minnie mouse*
Gue : atau karena bentuk baso itu yang bulet-bulet gimanaa gitu dan jadi kebiasaan suster karena sering ngeliat itunya ibu-ibu yang melahirkan. Biasanyakan orang itu makan berdasarkan apa yang sering dia liat. Bisa jadi.
*peang naikin nadanya ke 7 oktav* *peang : MAAAAASS, BEBEEEEK, MAS, MINNIIIIIIIEE MOS*
Gue : iyeee,iyeeeeeeeeeeeeee, itu donal bebek terus itu Minnie mouse . .
Selesai beli baso dan kami-pun pulang sambil bernyanyi dengan merdu lagu hujan rintik. Buat produser, kami siap untuk masuk dapur rekaman koo.
Sesampainya dirumah dengan pertanyaan yang masih mengganjal ini, rasanya mau buka baju terus berenang di kolam renang juga rasanya engga enak banget, soalnya emang gue engga punya kolam renang dirumah. Ada juga kobakan bekas ujan tadi tuh. Bengong. Kenapa suster doyan banget makan baso yaa . . ??
Sholat maghrib dulu biar enak kalau udaa ketemu Tuhan. Bergegaslah gue ke tempat baso Mas Gun lagi untuk nanyain pertanyaan yang mengganjal pikiran dan dompet gue, karena paling engga gue harus jajan baso disana dulu baru ngobrol-ngobrol sama Mas Gunnya.
Makan baso disana dan nanya-nanya ke Mas Gun.
Gue : *sambil ngunyam* mas, koo suster-suster sini seneng banget sih makan baso . . ??
Gun : yaa, emang baso puny ague enaklah, makanya mereka seneng makan kesini.
Gue : yee, dongo *maaf, bawaan, maklum kalau gue ini preman* yang bener atuh, masa engga logis gitu jawabannya. Perasaan mereka engga pernah nyamperin Mas Gun dehh waktu masih mangkal di SD . .
Gun : yaa mana saya tau, mungkin karena mereka butuh pemandangan yang bikin mereka bikin seger kali yaa, soalnya kan disana (rumah bersalin) perempuan semua. Dan mereka kesini buat liat saya yang tampan.
Gue : *kepala mendidih* *genggem botol kecap*
Jawaban yang didapet engga memuaskan bdari narasumber dan terasa sia-sia makan baso disana, walau perut kenyang.
Pas mau pulang, datenglah suster yang tadi makan baso. Mata kita bersatu. Plis, tolooooong mata kita nempel nih, toloooong lepasin. Dalam hati gue ngomong “masa iaa gue engga berani nanya sama ini orang” *mata sinis*.
“mba-mba” kata gue. Dia nengok kearah gue dengan rambut yang terikat menjadi terguray *saaah*. Gue engga mau kalah, rambut gue pun diguray gitu juga *saaaah*. “kenapa sih, mba kalau suster itu doyan banget makan baso . . ??” sambil malu-malu kucing yang lagi belaga nolak dikasih cumim asin. Suster itu senyum 227. 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri, 7 gigi keliatan. Gue malah takut, mba ini suster apa pencari nasabah bank mandiri yaa . . ?? ada daun seledri yang nyangkut di gigi depan lagi. Mba, biasa aja yaa, saya cuma nanya gitu doang koo.
“bukannya kami doyan makan baso, tapi karena baso itu seger aja” kata suster. Dih, sekarang gayanya jadi kayak Rita Subono gitu. “kamikan seharian kadang engga ada yang ngelahirin tapi harus tetep stand by disana, udaa gitu sekalinya ada yang lahirin tuh repotnya setengah mati. Bau obat-obatan, segala tetek bengeklah nyampur jadi satu. Nah, biar kami engga terlalu nge’drop banget, nah, makanya kami milih baso sebagai makannya” suster itu ngejelasin panjaaaaang banget. Mata gue sampe muter dibawa dia kealam bawah sadar.
*dalam hati* “terus apa hubungannya, mbaeee . . ??” samber gue nyeletuk sendirian.
Semangatnya bertambah karena ingin menceritakan banyak ke gue “kuah baso kan seger tuh, jadi kita bisa tetep seger kalau makan itu. Misalnya ketemu pasien juga keliatannya seger kalaupun ubadan udaa capek juga”. Dan gue pun harus cari cara buat suster ini menghentikan khotbahnya ke gue. Tengok-tengok kesekitar engga ada benda keras buat mukul kepala ini suster biar diem.
Lampu pijar menyala terang dikepala gue, AHA. Gue tending secara pelang Mas Gun sambil ngasih isyarat buat ngasih pesenan dia dan suster bisa bertugas lagi ke klinik. Isyaratnya kayak gini, mat a gue ngedip 3 kali, pundak bergerak kayak ombak dari kanan ke kiri 2 kali, dan mangap tanpa suara 1 kali.
Perbincangan kami selesai, dan gue pun dapat narik kesimpulannya gini. Ternyata kalau baso itu bisa buat kita terlihat lebih seger dari biasanya, karena didalem kuahnya itu terdapat resep rahasia yang engga mungkin gue kasih tau. Namanya juga rahasia, kalau dikasih tau mah namanya bukan rahasia atuuh. Tapi biar engga ngilangin rasa seger itu dari baso, makannya jangan terlalu pedes, cukup sedikit sambel dan 1 sendok makan kecap, INGAT JANGAN PAKAI SAOS dan kalau bisa jangan pake vaksin juga. Jadi suster makan itu biar terlihat tetep seger dimata pasien walau gue tau rasanya kalau berlama-lama denkat dengan setumpukan obat yang bisa bikin kepala pusing itu akan nampak lesu.
Wuah, satu pelajaran berharga yang gue dapet antara suster dan baso. Berikanlah segalanya dan lakukan segalanya dengan baik, agar semua bisa berjalan dengan baik pula. Tersenyumlah agar orang lain bisa tersenyum seperti kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kangmas Harry - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -